F.A.Q.

Gerakan Internet Baik adalah salah satu program Tanggung Jawab Sosial Telkomsel untuk masyarakat yang fokus bertujuan menciptakan ekosistem digital yang positif di Indonesia.  Telkomsel menjalankan program #InternetBAIK didasari atas kesadaran pentingnya mengemban tanggung jawab bersama untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam penggunaan informasi dan komunikasi secara cerdas dan bertanggung jawab.   BAIK sendiri dalam kampaye Internet BAIK adalah kepanjangan dari: B – Bertangggung Jawab A – Aman I – Inspiratif K – Kreatif   Bentuk kontribusi Telkomsel lewat #InternetBAIK ini disosialisasikan lewat kampanye berkelanjutan sejak tahun 2016. Targetnya adalah murid, orang tua dan guru. Jadi, mengedukasi guru dan orang tua sama pentingnya dengan mengedukasi anak. Guru dan orang tua harus memiliki bekal informasi yang mumpuni agar dapat melindungi anak secara maksimal di ranah digital.
+ Facebook 1. Konten mencurigakan Facebook telah memulai program kerjasama untuk mengecek fakta dengan International Fact Checking Code of Principles di Poynter. Jika Anda mengidentifikasi sebuah berita palsu, maka akan terdapat tanda dan tautan ke artikel dengan penjelasan yang benar. Ketika suatu artikel ditandai, maka artikel tersebut tidak dapat dijadikan iklan dan dipromosikan. Facebook kemudian akan menggunakan laporan dari para pengguna untuk mengirimkan berbagai berita ke organisasi internasional tersebut. Pengguna bisa menandai sebuah berita yang dianggap mencurigakan. 2. Lapor hoax   Setelah mengidentifikasi berita hoax, orangtua mengklik sudut kanan atas dalam sebuah postingan. Selanjutnya pilih bagian 'Report Post', dan sebutkan alasan kenapa kamu ingin melaporkan berita tersebut.   + Google Jika Anda mengidentifikasi dan menemukan sebuah berita hoax, buka Google, scroll ke laman paling bawah dan klik kolom 'feedback'. Kemudian di dalam kotak tersebut, taruh keterangan yang jelas tentang berita hoax & SARA yang Anda temukan, serta masukkan tautan yang Anda laporkan.   + Twitter Klik simbol tiga titik di bawah kanan dan pilih 'report tweet' atau 'laporkan kicauan'. Namun, disarankan Anda untuk mengklik opsi pertama (spam) atau opsi saya tidak tertarik (I am not interested).   + Instagram Klik simbol tiga titik di kanan atas tiap unggahan di Instagram dan klik 'report' atau 'laporkan' kemudian pilih 'Ini tidak pantas' atau 'inappropriate'.
  • Hati-hati dengan judul berita yang provokatif
  • Cermati alamat situs yang resmi
  • Periksa fakta dari mana berita tersebut berasal, penulisnya dan siapa sumbernya
  • Check keaslian foto
  • Aktif dalam grup diskusi anti-hoax
  • Berkomitmen pada etika komunikasi
  • Menggunakan media komunikasi secara proporsional
  • Menggunakan media komunikasi secara produktif
  • Berhati-hati dalam menyampaikan informasi
  • Menghormati privasi orang lain
  • Memaafkan kesalahan orang lain
  • Jangan menyalahgunakan kekuasaan
  • Jangan terpancing
  • Mengirim dan menerima pesan tanpa memberikan penilaian
  • Mengirim pesan secara jujur
  • Menunjukkan rasa hormat terhadap adanya perbedaan budaya
  • Berhati-hati dengan bahasa tubuh dalam komunikasi
  • Bersikap sabra dan Memperlakukan orang lain secara manusiawi
  • Berbagi informasi yang bermanfaat
Hal yang harus dihindari dalam bermedia social menurut UU ITE adalah :
  •  Melanggar asusila dengan mendistribusikan gambar asusila
  • Melakukan perjudian online
  • Menyebarkan berita bohong
  • Melakukan pengancaman atau pemerasan
  • Melakukan penghinaan dan pencemaran nama baik
  • Menyebarkan kebencian terhadap suatu golongan dan kelompok masyarakat tertentu berdasarkan Suku Agama dan Ras (Sara)
Perkembangan penyebaran konten negatif hoax dan SARA di Indonesia yang disampaikan lewat e-mail pada tahun 2016 lalu hanya mencapai 6.357, sedangkan di tahun 2017  meningkat drastis menjadi lebih dari 32.000.
Dampak Positif :
  • Sebagai tempat promosi
  • Ajang memperbanyak teman
  • Sebagai tempat penyebaran informasi
  • Sebagai sarana untuk pertukaran data, mengembangkan ketrampilan dan social
Dampak negatif :
  • Kecanduan
  • Kejahatan dunia maya
  • Pornografi
  • Perjudian
  • Cyber Bullying atau Perundungan Dunia Maya
Dalam waktu penggunaan, rata-rata waktu penggunaan internet orang Indonesia menempati posisi keempat dunia, yaitu 8 jam 51 menit per harinya, pengguna internet di Indonesia ada 143,26 juta jiwa atau 54,68% dari total populasi 262 juta jiwa.