Ini 4 Trik Mudah Teliti Berita Bohong

     Di era serba digital ini segala jenis informasi akan dengan sangat mudah kita dapatkan, baik melalui internet, media sosial dan juga media massa. Kemudahan-kemudahan yang diberikan tidak selalu memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari.

     Tidak jarang berita yang kita dapatkan merupakan berita bohong atau hoax yang dengan sengaja dimainkan oleh sekelompok orang yang memiliki kepentingan tertentu, kemudian akan memberikan efek negatif bagi masyarakat. Sebagai pembaca tentu kita juga harus cermat dalam mengambil sebuah informasi yang tersebar baik di internet, media sosial hingga media massa.

Berikut ini empat trik mudah untuk membedakan antara berita bohong atau hoax dengan berita benar.

1. Cek Judul Artikel yang Kamu Baca

   Image 1 via unsplash/@rawpixel

      Sebelum kamu membaca lebih dalam terkait isi bacaan suatu artikel, maka ada baiknya cermati terlebih dahulu judul artikel yang ada apakah memiliki unsur provokatif atau tidak. Judul yang provokatif akan terlihat jelas keberpihakannya dan sudut pandang yang menyudutkan salah satu pihak.

     Jika dalam judul tersebut terdapat unsur provokatif, maka ada baiknya kamu tidak menelan mentah-mentah berita yang kamu baca. Judul yang provokatif ini kemungkinan besar akan berisi tentang ujaran-ujaran kebencian yang dikemas di dalam sebuah berita yang hanya berisi opini beberapa pihak tertentu. Sang pembuat berita bohong ini akan dengan sengaja menggiring pemikiran kita ke dalam jalan cerita yang mereka buat sehingga akan menguntungkan mereka.

2. Lihat Situs yang Memuat Artikel yang Kamu Baca

Image 2 via unsplash/@rawpixel

Setelah memeriksa judul, maka langkah selanjutnya adalah melihat situs yang memuat artikel tersebut. Apabila artikel yang kamu baca merupakan artikel yang berasal dari blog pribadi berdomain blog dan belum terverifikasi maka berita yang kamu dapatkan masih diragukan kebenarannya.

Ada baiknya kamu memilih website resmi dari instansi pers yang sudah kredibel ataupun dari website resmi pemerintah untuk dapatkan berita yang akurat. Seperti contoh kamu bisa melihat website resmi www.bps.go.id untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait perekonomian Indonesia.

BPS merupakan salah satu lembaga pemerintahan non-kementrian yang dalam kerjanya sudah diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sehingga data yang disajikan pun sudah berdasarkan realita yang ada tanpa ada keberpihakan.

3. Perhatikan Kembali Isi Artikel Tersebut

Image 3 via unsplash/@rawpixel

     Kamu juga perlu memperhatikan isi artikel yang kamu baca mulai dari gambar yang digunakan, penulis artikel hingga keseluruhan isi artikel apakah disertai fakta yang ada atau hanya sekedar opini belaka.

     Gambar atau video yang dimuat pun harus diperiksa kembali keasliannya. Jangan sampai berita yang kamu dapatkan memuat gambar atau video yang telah diedit dan disalahgunakan. Kamu bisa juga memanfaatkan fitur yang ada di google untuk mencari gambar yang dimuat untuk mengetahui keaslian foto tersebut.

     Isi artikel juga menjadi poin utama ketika mencari suatu berita. Periksa kembali apakah berita tersebut memuat opini saja dari beberapa oknum atau juga didasari dengan fakta yang ada menurut ahli dan lembaga resmi yang telah melakukan penelitian.

     Apabila berasal dari opini suatu pihak maka periksa kembali apakah kalimat yang terucap merupakan kalimat utuh atau hanya potongan sebagian sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda. Selain keaslian isi berita dan gambar yang dimuat, kamu juga perlu mengetahui siapa yang menulis artikel tersebut, apakah berasal dari pers resmi atau perseorangan atau golongan elite tertentu yang memiliki kepentingan khusus.

     Jangan langsung mempercayai berita yang diberikan oleh penggiat suatu ormas, elite atau pengamat politik yang memiliki kepentingan tertentu dan cenderung menyudutkan salah satu pihak dan tidak memberikan informasi yang berimbang.

4. Baca Beberapa Situs Lainnya untuk Membandingkan

Image 4 via unsplash/@rawpixel

     Ada baiknya kita juga harus membandingkan beberapa berita sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang salah. Membandingkan beberapa berita sekaligus akan memberikan wawasan yang luas bagi kita sehingga kita akan mendapatkan informasi yang lebih banyak sehingga kita bisa menimbang mana yang baik ataupun salah.

     Kamu juga bisa menggabungkan beberapa informasi yang ada di stasiun televisi dengan berita yang termuat di internet maupun media cetak. Carilah berita yang tidak memihak di salah satu pihak dan menyudutkan pihak yang lain.

     Sebagai pembaca yang cermat, hindari menyebarkan informasi yang kita dapatkan tanpa meninjau terlebih dahulu fakta yang ada. Kamu bisa melaporkan apabila ada berita yang berbau hoax dan juga SARA ke pihak yang berwajib agar berita tersebut tidak menyebarluaskan di masyarakat.

     Untuk pengguna internet, kamu bisa mengadukan hoax yang kamu dapatkan ke Kominfo melalui [email protected] agar berita tersebut segera ditindaklanjuti. Cerdaslah dalam memilih data dan jadilah pengguna internet yang bijak dengan tidak menyebarkan berita-berita bohong atau hoax ke khalayak umum.

 

Meneliti valid tidaknya berita yang tersiar menjadi satu hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kekacauan, lalu bagaimana caranya mengenali berita bohong?

Edited by Fitria Yusrifa (27/9/2018)

 

...